Warta Terkini

Rabu, 29 Agustus 2007

Asal Istilah Pancasila dan Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika"

sumber : wikipedia


Semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang ada pada pita yang dicengkram oleh burung garuda, berasal dari Kitab Negarakertagama yang dikarang oleh Empu Prapanca pada zaman kekuasaan kerajaan Majapahit. Pada satu kalimat yang termuat mengandung istilah "Bhinneka Tunggal Ika", yang kalimatnya seperti begini: "Bhinneka tunggal Ika, tanhana dharma mangrwa. "

Sedangkan istilah Pancasila dimuat dalam Kitab Sutasoma yang ditulis oleh Empu Tantular yang berisikan sejarah kerajaan bersaudara Singhasari dan Majapahit. Istilah Pancasila ini muncul sebagai Pancasila Karma, yang isinya berupa lima larangan sebagai berikut:

  1. Melakukan tindak kekerasan
  2. Mencuri
  3. Berjiwa dengki
  4. Berbohong
  5. Mabuk (oleh miras)

Tidak ada komentar:

PROFIL PELATIH

Lahir : 22 Desember 1982, beralamatkan di desa bojong melati kecamatan Widasari kabupaten Indramayu Lulusan SD Bojong melati III, SMP N 1 Indramayu, SMK PGRI Indramayu, Fakultas IKMI Cirebon. pria berusia 26 tahun ini senang dengan suatu hal yang dinamis, sampai saat ini status beliau masih ....J O M B L O.. .. A B I S..... keinginan beliau saat ini hanyalah ingin mengukir prestasi dan mencari istri ....... bisa hub ke: +6285295902225 selalu berfikir optimis okayyy..